FlowLife Story: (before) Graduation (after)

Saat melihat kakak tingkat yang sibuk sidang skripsi muncul sebuah kegalauan 'ntar skripsiku gimana ya?','kapan aku bisa di wisuda ya?' setelah muncul kegalauan-kegalauan itu. Muncul sebuah kegalauan yang lebih ngenes 'ntar klo udah wisuda aku ngapain ya?' kegalauan semacam ini ternyata di alami semua mahasiswa yang belum wisuda atau yang sedang akan menjalani skripsi.

Mulai dari kakak tingkat yang update status dengan hastag #maudibawakeman sambil ngasih link artikel yang bertemakan setelah wisuda, sampai ada kisah nyata kakak tingkat yang lagi galau habis diwisuda karena udah resmi jadi pengangguran. Ada kisah lain kakak tingkat yang belum di wisuda tapi udah mulai bangun usaha. semua kegalauan ini muncul secara beruntun setelah acara wisuda di kampus.

Setelah mengalami segala kegalauan dan melihat segala kegalauan dan setelah mengikuti matakuliah kewirausahaan (apa hubungannya coba?). Kita hidup harus ada PLANNING, dari semester satu saya sudah dapat pertanyaan dari dosen saya KAPAN MAU SKRIPSI DAN WISUDA saat mendapat tugas Flowchat ( Maklum saya adalah mahasiswa TI), saya di minta membuat flowchat kuliah saya dari semester satu hingga saya diwisuda. Disini saya harus merencanakan semua kemungkinan, kemungkinan molor dan kemungkinan saya diwisuda dengan cepat. Tapi semua itu membawa kita mendapatkan TUJUAN kuliah kita di semester awal itu apa? CARI GELAR UNTUK CARI UANG, atau CARI ILMU UNTUK DI AMALKAN?

Semua orang merasakan sulitnya mencari lapanagan pekerjaan, dan sulitnya menciptakan pekerjaan, tapi untuk Berbagi Ilmu itu Mudah. Semua opsi yang di berikan oleh kakak-kakak yang sudah melewati masa galau setelah wisuda memberikan 2 pilihan, lanjut kuliah S2 atau kerja. Semua piliha itu baik. Tapi kita yang harus sadar bahwa kita akan selalu mendapat kegalauan yang sama di setiap langkah hidup kita, 'Apa yang kita lakukan selanjutnya' dan semua itu akan membawa kita ke sebuah kegalauan 'UNTUK APA KITA HIDUP'. Penting untuk kita semua untuk menentapkan tujuan kita dari awal. Agar kita tidak selalu galau di setiap langkah yang kita ambil.

Dan apa pun pilihan hidup yang kita pilih, pastikan untuk kita dapat bahagia dalam proses dan dalam hasil dari pilihan yang kita ambil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial menggunakan Blade pada laravel 5

Pengantar Kuali ready

Cara membuat halaman pertama pada laravel